11 Tips Hadapi Kritik, Cacian dan Makian

Selamat malam sahabat sahabat Lukman dimanapun anda berada, bertemu lagi dalam postingan tentang motivasi untuk sahabat sahabat semua, di blog ini bukan sekedar tentang wanita saja, motivasi juga kami hadirkan untuk melengkapi kebutuhan sahabat sahabat semua, sebelum saya lanjut saya mau bertanya Apakah anda tipe orang yang sering kali menjadi down karena menerima kritik? Apakah komentar negatif dari orang lain menjadi belenggu di pikiran hingga anda terus memikirkannya sampai berhari-hari bahkan berminggu minggu? Apakah anda mengalami hari-hari yang suram karena mendapat caci maki dari orang lain?

Biasanya, kritik atau komentar negatif dapat membuat seseorang menjadi sakit hati, apalagi komentar tersebut diutarakan secara kasar dan menyakitkan, lebih buruk lagi jika karakter orang yang dikritik adalah melankolis seperti saya ^_^. Akhirnya muncul perasaan galau, bad mood, putus asa, bahkan depresi malah yang lebih parah pengen bunuh diri alamaaak 🙂

Tapi pahamilah sahabat bahwa pada hakikatnya, komentar negatif bukanlah sesuatu yang menyakitkan sebelum komentar tersebut diutarakan. Komentar negatif bagaikan cambuk yang tidak akan terasa sakit sebelum cambuk tersebut dipukulkan. Rasa sakit itu muncul karena anda sudah terluka akibat cambukkan tersebut. Bahkan, jika sudah terluka sebelumnya akibat komentar negatif juga, luka itu akan terasa sakit lagi bahkan lebih sakit dari biasanya. Budi ibaratkan seperti ini, ketika anda memiliki teman yang kaku dan rigid dan flat face lalu anda katakan kalau dia no face dan sebagainya, jika teman anda tersebut tidak melakukan reaksi negatif apa-apa bahkan ia malah tertawa, berarti tidak ada masalah dengan komentar yang anda utarakan tersebut. Tapi jika seandainya teman anda memiliki semacam permasalahan internal dengan perkataan no face, rigid, kaku, bisa jadi ia akan sakit hati bahkan komentar tersebut bisa memperburuk kehidupannya.

Kritik dan komentar negatif biasanya menjadi beban jika komentar tersebut benar. Tapi jika komentar tersebut salah bisa jadi tidak berpengaruh apa-apa terhadap perasaan kita bahkan kita cenderung mengabaikannya. Tapi jika komentar negatif tersebut benar, biasanya seseorang akan mengalami suasana hati yang buruk. Maka, yang membuat caci maki dan komentar negatif itu menyakitkan bukanlah komentar itu sendiri, tapi bagaimana kita merespons terhadap kritikan tersebut.

So, bagaimanakah cara jitu untuk menghadapi kritik, cibiran, atau cemoohan? Dibawah ini ada beberapa tips yang pas bagi kalian untuk mengatasi semua masalah ini berikut 11 Tips Jitu hadapi kritis, cacian, cibiran dan cemoohan yang wajib kalian praktekan dalam kehidupan sehari hari

1. Lihat Kritik dan Cercaan dari Perspektif Berbeda

Ketika memperoleh kata-kata negatif dari orang lain, lihatlah kata-katanya dari perspektif yang berbeda. Bisa jadi sesuatu yang melemahkan kita adalah hal yang justru dapat menguatkan kita. Komentar negatif atau destruktif adalah suatu bentuk evaluasi yang pilihan katanya salah sehingga mengakibatkan sakit hati. Sedangkan komentar yang membangun adalah suatu evaluasi yang tatanan katanya telah dipilih dengan tepat sehingga justru membangun kita. Tapi diantara dua bentuk komentar ini ada kesamaan, yaitu sama-sama bahan untuk evaluasi diri yang free. Gak perlu kekasih bayar ini itu ^_^

2. Komentar Negatif adalah Sampah yang Bisa di Daur Ulang

Komentar negatif dan caci maki bagaikan sampah, tapi sampah ketika di daur ulang kadang bisa jadi bernilai sangat tinggi. Maka, ketika ada orang lain atau haters yang mengutarakan kritik yang destruktif, cemoohan, atau pun komentar negatif, cobalah untuk mendaur ulang kata-katanya. Misalkan, ada orang yang mengatakan: ‘bau badan kamu nyengat kaya sampah.’ Kata-kata ini memang cukup menyakitkan. Tapi jika kita daur ulang dan rubah susunan dan pilihan katanya: ‘kamu itu hebat dan disukai banyak orang, dan sekarang adalah saatnya merancang perencanaan yang matang untuk menjadikan badanmu lebih wangi lagi sehingga lebih populer dan disukai banyak orang’. Bagaimana, nenangin hati kan, dari pada yang tadi ? Bahkan jika perlu temple di tembok kamar.

3. Pahami Maksud dibalik Komentar Negatif

Ketika mendapatkan komentar negative yang menusuk hati, Jangan gegabah untuk mengambil kesimpulan bahwa apa yang diutarakan adalah hal yang menyakitkan. Perlu dilakukan analisis terlebih dahulu kandungan dari komentar tersebut agar anda tidak salah paham. Apalagi salah sambung lebih parah salah kamar bisa digebukin hansip tuh 🙂

Selain memahami makna dari komentar negatif, pahami juga maksud orang yang mengutarakan komentar. Ada yang memberikan kritik dan komentar menang untuk membangun, bisa juga sekedar untuk menunjukkan bahwa ia cerdas, hebat, layak diperhitungkan, mungkin juga untuk mencari perhatian, atau mungkin ia memang merasa terganggu dengan kita. Dengan memahami maksud dibalik komentar negatif kita bisa merancang strategi yang sesuai untuk menghadapinya, saya juga sering menemukan orang orang seperti ini 🙂

4. Jangan Terlalu Membela Diri

Ketika seseorang mengutarakan kritik cercaan, biasanya membela diri adalah pilihan terbaik untuk keluar dari masalah ingat sahabatku jangan terlalu membela diri. Dengan membela diri justru menunjukkan bahwa anda sama dengan kondisi mereka. Kebanyakan orang yang memberikan komentar destruktif cenderung defensif dan ingin membuktikan bahwa mereka adalah yang paling benar, jika hal ini terjadi maka jangan balas dengan bersikap defensif (membela diri), tapi ketuk lah mereka keluar dari sikap defensifnya dan buktikan bahwa apa yang mereka katakan tidak memiliki nilai sama sekali, apalagi jika kritikan tersebut memang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Maka bertindaklah biasa-biasa saja. Karena yang tahu diri kita adalah diri kita sendiri, orang lain belum tahu seperti apa diri kita.

5. Jangan Agresif

Agresif kalau cowok pikirannya pasti aneh aneh tapi bukan itu maksudku maksud saya adalah komentar negatif dan kritik yang pedas biasanya memicu emosi. Tapi, jika komentar pedas dibalas dengan tanggapan pedas justru akan membuat keadaan semakin buruk. Bahkan bisa jadi sang ‘kritikus’ itu balik menyalahkan anda walaupun mereka yang memulai. Hadapilah dengan santai dan penuh kehati-hatian. Kendalikan emosi dengan penuh kedewasaan. Kalau agresif sama saja kita nyemplungin diri kesumur dan memperburuk hubungan persahabatan atau romansa kita bahaya lhoo kalau sampe kayak gini

6. Jawab dengan Kalimat Ambigu

Cara untuk menanggapi cibiran dengan kalimat ambigu (bermakna ganda) adalah salah satu cara yang sangat baik. Dengan memberikan tanggapan yang ambigu maka sang kritikus menjadi bingung bagaimana untuk menjawab dan memilih kata untuk menjawab balik. Selain kalimat yang ambigu, menjawab dengan jawaban yang humoris dan bersahabat adalah pilihan yang tepat. Ini lebih baik lagi ^_^.

7. Jangan Pernah Memberi Alasan

Ketika seseorang memberikan kritik destruktif atau cemoohan, jangan pernah memberi alasan apapun. Ketika memberi alasan maka itu bisa jadi sinyal bagi para haters bahwa komentar mereka memang benar. Alasan hanya diutarakan jika memang urgent. Pada hakikatnya, membela diri dengan memberi alasan yang berlebihan adalah bentuk pembenaran dari komentar negatif. Selain itu, memberikan alasan terhadap komentar negatif menunjukkan bahwa kita sedang terpojokkan, dan kemenangan sejati ada di tim kritikus, makanya bijaksanalah dalam memberikan alas an.

8. Jangan Langsung Membalas

Ketika sahabat memperoleh cibiran dan komentar negatif, alangkah baiknya untuk tidak segera membalasnya. Jika anda menerima komentar negatif melalui SMS, Email, Social Media, maupun media komunikasi lainnya yang memungkinkan anda untuk membalasnya nanti maka jangan segera dibalas. Menanggapi komentar negatif dengan tergesa-gesa menunjukkan betapa rapuhnya diri kita karena tidak sabar untuk segera membalas. Selain itu, membalas komentar negatif secara tergesa-gesa kemungkinan besar jawaban yang diutarakan diwarnai oleh kemarahan, ketidakstabilan, dan irasional. Dengan demikian, tenangkan diri terlebih dahulu, kendalikan emosi, baru dijawab dengan bijak dan dengan kata kata yang baik tentunya.

9. Jangan Dipedulikan

Ketika cibiran, cemoohan, komentar negatif, kritik destruktif, dan caci maki tidak bisa di daur ulang, kosong, atau tidak sesuai dengan realita. Maka jangan terlalu dipedulikan. Jika terlalu mempedulikannya hal ini bisa menunjukkan bahwa kritikan itu benar. jadi jangan terlalu dipedulikan jika mendapat komentar negatif yang diterima oleh sahabat semuanya.

10. Pahami Kekurangan Anda

Seseorang memberikan cemoohan, cibiran, dan kritik bisa dikarenakan kita memang memiliki kekurangan yang menjadi luka bagi diri kita. Maka, ketika ada orang yang memberikan tanggapan negatif, jangan langsung dimasukkan ke dalam hati, tapi cobalah analisis apa yang ia utarakan, samakan dengan keadaan anda yang sebenarnya. Dengan memahami kekurangan berarti anda telah membuka jalan untuk mengembangkan diri ke arah lebih baik lagi dengan seperti ini bahwa komentar senegatif apapun menjadi media untuk kita selalu memperbaiki diri menjadi lebih baik dari sebelumnya.

11. Perbaiki Kekurangan Anda

Setelah anda mengetahui kekurangan anda, segera obati dan perbaiki sehingga menjadi lebih baik dari hari ke hari. Jika anda mampu memperbaiki kekurangan, maka anda telah mampu merubah komentar negatif menjadi hal yang positif. Komentar negatif bukan lagi bakteri jahat yang menggerogoti tubuh, tapi komentar negatif bisa menjadi bakteri baik yang meningkatkan kesehatan tubuh.

Demikian 11 tips untuk menghadapi cacian, hinaan, dan komentar negatif. 11 hal diatas bukanlah hal yang baku, masih banyak cara lainnya yang belum dituliskan di sini tentang cara menghadapi komentar negatif. Jadi kesimpulannya adalah ketika sahabat memperoleh hinaan, cemoohan, maupun komentar negatif, jangan di telan bulat bulat dan langsung dimasukkan ke dalam hati, ambilah sisi positifnya sesua dengan cara yang telah saya tuliskan diatas.

Semoga apa yang saya tulis dalam blog ini telah saya utarakan, saya ucapkan kepada sahabat saya amhar yang selalu memberikan motivasi untuk kehidupan saya yang lebih baik

Salam Cinta
Salam Semangat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s